Wednesday, May 22, 2013

RESUME PERTAMBANGAN


Pertambangan
Pertambangan adalah salah satu jenis kegiatan yang melakukan ekstraksi mineral dan bahan tambang lainnya dari dalam bumi. Penambangan adalah proses pengambilan material yang dapat diekstraksi dari dalam bumi. Tambang adalah tempat terjadinya kegiatan penambangan.

Penggolongan Bahan Galian
Bahan galian memiliki kriteria yang bermacam-macam. Berikut ini golongan dari bahan galian:
1. Bahan galian golongan A, adalah bahan galian yang mempunyai nilai strategis, yang termasuk bahan galian jenis ini adalah minyak, batubara, uranium yang dapat digunakan sebagai sumber energi.
2. Bahan galian golongan B, adalah bahan galian yang mempunyai nilai vital, jenis bahan galian ini sebagaian besar terdiri dari bahan galian logam seperti, emas, perak, tembaga, besi, mangaan, nikel, seng, timah, timah hitam, aluminium dll.
3. Bahan galian golongan C, adalah bahan galian yang tidak termasuk kedalam golongan A dan B, jenis bahan galian ini termasuk kedalam bahan galian industri, yaitu bahan galian yang digali dan dapat digunakan secara langsung tanpa atau sedikit melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Jenis bahan galian ini seperti pasir, batu bangunan, tanah urug, tanah liat, gamping (kapur), batu apung, tras, kaolin, gypsum, asbes dll.

Permasalahan yang ada didalam Pertambangan
Bahan pertambangan tidak hanya menguntungkan tetapi bisa berdampak buruk terhadap manusia karena mencemari udara atau air yang digunakan oleh manusia. Untuk menghindari terjadinya pencemaran dan gangguan keseimbangan ekosistem perlu adanya pengawasan lingkungan terhadap:
a.      Cara pengolahan pembangunan pertambangan
b.      Kecelakaan dipertambangan
c.       Penyehatan lingkungan pertambangan
d.     Pencemaran dan penyakit-penyakit yang timbul

No comments:

Post a Comment