Wednesday, May 22, 2013

RESUME KEPENDUDUKAN


Kependudukan
Kependudukan adalah hal yang berkaitan dengan jumlah, pertumbuhan, persebaran, mobilitas, penyebaran, kualitas dan kondisi kesejahteraan. Ilmu yang mempelajari kependudukan yaitu Demografi. Demografi yaitu suatu studi mengenai jumlah distribusi dan komposisi penduduk serta komponen-komponen yang menyebabkan perubahan. Penduduk Indonesia yaitu semua orang yang berdomilisi di wilayah geografis indonesia sekurang-kurangnya 6 bulan atau kurang tetapi berniat tinggal menetap. Pertumbuhan penduduk dipengaruhi oleh mortalitas, fertilitas dan migrasi.

Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup
Tujuan utama pendidikan kependudukan yaitu melakukan perubahan sikap dan perilaku, reproduksi dan penyebaran penduduk secara rasional dan bertanggung jawab. Lebih terperinci tujuan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup yaitu:
a.      Mengembangkan pengetahuan tentang konsep kependudukan
b.      Mengembangkan kesadaran akan adanya masalah kependudukan dan lingkungan hidup
c.       Menumbuhkan kesadaran mengatasi masalah kependudukan dan lingkungan hidup
d.     Mengembangkan pengetahuan tentang adanya hubungan timbal bailk antara penduduk  dengan lingkungan hidup

Pertumbuhan penduduk dan keselarasan lingkungan hidup
Masalah lingkungan adalah persoalan yang timbul sebagai akibat dari berbagai gejala alam. Pada saat ini pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan pertumbuhan lingkungan.
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar tempat hidup atau tempat tinggal kita. Ilmu yang mempelajari masalah tempat tinggal yaitu ekologi

No comments:

Post a Comment